INI BARU UPGRADE! Samsung Galaxy A33 5G Indonesia

Halo guys, Zeromedia di sini dan ini adalah Samsung Galaxy A33 5G! Kalau anda lagi nyari HP baru Samsung, A33 ini yang paling oke buat dipilih. Upgradenya tuh paling berasa dari generasi kemarin. Di sini kita bukan bandingin A33 ini sama A32 lagi ya, itu HP bagus, tapi nggak level sama A33. Samsung Galaxy A33, cocoknya dibandingin sama Galaxy A52 yang dulu termasyur banget, HP 5 juta Samsung yang jadi favorit banyak orang, dan sekarang, udah waktunya A52 pensiun dengan tenang karena udah ada HP 5 juta Samsung yang lebih bagus, lewat Galaxy A33.

Oh iya, sebelum salah nangkep sampai ujung video, harga 5 juta di Galaxy A33 5G ini nggak fix ya, masih bisa kurang atau lebih, tergantung varian yang dipilih. 5 Juta itu buat varian tengah lah istilahnya, yang RAMnya 8GB, internal 128GB. Kalau mau lebih irit 300 ribu, ada varian 6/128. Kalau punya duit lebih, paling enaknya ambil varian paling tinggi, yang RAM 8GB internal 256GB, harganya 5.5 juta.

Kalau anda bakal pake HP ini dalam jangka panjang, kayak 4 5 tahun lebih gitu, varian 8/256 jelas paling aman ya. Biar ga ada ceritanya memorinya kurang pas udah 2-3 tahun pake. Apalagi SIM tray di HP ini tipenya hybrid. Kalau udah masuk dua kartu SIM, ga ada ruang buat memori eksternal. Buat varian warnanya sendiri ada 4 pilihan.

Yang lagi kita bahas sekarang, namanya Awesome Blue, ada juga warna hitam juga, Awesome Black, putih, Awesome White, dan warna ini… Kayak warna make up kali ya? Ini namanya Awesome Peach. Desain dari A33 ini, sekali liat aja udah ketahuan kalau dia ini masuk ke keluarga Samsung Galaxy seri A. Ada ciri khasnya sendiri lah, bentuknya simpel banget, mulai dari jendolan kameranya yang nyatu sama bodi belakang, jadi keliatannya mulus gitu, sampai ke pilihan warnanya tadi juga mulus. polos aja, tapi tetap berasa fun… Finishing bagian belakang bodinya ini dibikin doff, jadi pantulan cahayanya halus aja, dan pas dipegang tangan pun rasanya tetap halus.

Ngasih kesan yang lumayan premium walaupun sebenarnya bagian belakangnya ini kebuat dari polikarbonat aja. Sementara buat bagian framenya, kebuat dari metal dan warnanya ngikutin warna backcover ya, jadi senada. Feel pegang HP ini berasa solid lah.

Berasa keras gitu. Bobotnya nggak terlalu berat, masih di bawah 200 gram, dan tebalnya juga pas.

Di sebelah kanan HP ini, ada tombol power sama volume, di atas ada mikrofon dan SIM tray hybrid, di kiri dia polos aja, nggak ada apa apa, dan di bawah ada mikrofon, port USB type C, dan speaker. Speaker HP ini udah stereo ya, speaker bawahnya ini, dia disupport sama earpiece yang di atas sini, jadi suaranya bakal dari atas sama bawah, atau kiri-kanan. Dan suaranya bagus. Speaker atas bawah kerasa balance dengan detail oke, dan bass juga lumayan oke. Ada Dolby Atmos lagi, yang bisa bikin suaranya jadi lebih nendang dan bass yang lebih berasa.

Cek Juga :  iPhone 14 Pro vs Android terkencang 2022

Mantap! Sayangnya mungkin… Barusan anda nyadar ya, kalau di Galaxy A33 ini, udah nggak ada headphone jack.

Pelan pelan, Samsung kayak ngarahin Galaxy A Series ini buat ngikutin seri flagship mereka, yang udah 2-3 tahun gitu nggak ada headphone jack. Yah… Dulu kita kan udah kegirangan tuh, HP 5 juta Samsung udah punya rating tahan air IP67, tahan air dan debu!

Flagship banget nih! Sama kayak Galaxy A33 ini juga punya IP67, Flagship banget! Tapi ternyata, kita nggak bisa ambil plusnya doang, minusnya juga sepaket. Dan masih soal ciri khas flagship, di paket penjualan Samsung Galaxy A33, kita juga udah nggak dapat kepala charger. Ini flagship banget sih… Tapi sebagai gantinya, Samsung juga kasih layanan ala flagship juga. Di Galaxy A33 ini, mereka udah komitmen buat ngasih update One UI dan Android sampai 4 generasi selanjutnya, artinya 4 tahun! software HP kita bakal berasa baru terus sampai 4 tahun ke depan.

Ditambah update security patch sampai 5 tahun lagi. Biasanya, layanan kayak gitu cuma ada di HP mahal doang. Jadi…

berasa impas? Ya? kalau aja Samsung ngasih headphone jack sama kepala charger ya, Galaxy A33 ini bakal susah dilawan. Soalnya bagian lain dari HP ini, semuanya serba kuat. Misalnya dari layar, yang semuanya serba berasa nyaman.

Pas. Mulai dari ukuran layar 6.4 inci, rasanya pas di tangan. Resolusi Full HD+, tajamnya pas. Panel Super AMOLED, yang warna hitamnya itu total, dan warna lain pun enak di mata.

Cerahnya enak gitu. Refresh ratenya 90Hz, yang bisa ngasih gerakan scrolling dan animasi yang mulus. Kaca yang dipakai pun sudah Gorilla Glass 5. Ini resep andalan Samsung lah. Yang udah nyaman-nyaman, nggak perlu diutak atik gimana… Mending kita langsung bahas bagian mesinnya aja, yang pake Exynos 1280 5G! Bagian mesin ini sih, yang bikin saya yakin, Galaxy A33 ini fix dapet upgrade dari A52 kemaren. Dengan harga yang sama, kali ini A33 sudah support jaringan 5G!

Sebuah fitur yang harusnya butuh nambah banyak duit buat dapetinnya ya.

Kemarin kita belajar dari Redmi Note 11 Pro dan 11 Pro 5G, kalau HP yang mirip, secara spek, desain, dan lain-lain, dan cuma beda di teknologi 5G aja, selisihnya itu bisa 400-500 ribuan. Ini dari A33 dari Galaxy A52, mirip banget, yang pakai Snapdragon 720G si A52, ke A33 sudah 5G. Harganya sama. Performa yang ditawarin Exynos 1280 juga lebih tinggi ya, kalau kita patokannya sama AnTuTu 9.

Cek Juga :  iPhone 14 Pro Indonesia TERLALU BAGUSSS

Selisihnya naik 20-30% Di Geekbench pun sama. Mau single core, mau multicore, Exynos 1280 dia jelas lebih kenceng dari 720G. Ini baru namanya real upgrade sih. Buat main game, kayak MLBB, Exynos 1280 ini stabil di frame rate 55-60 fps, rata rata dapet 58 fps kalau dimainin beberapa game. Terus buat PUBGM, ini jadi PR buat Samsung buat cepet kontak developernya buat optimalin gamenya, atau dari sistem samsungnya sendiri, karena setting yang didapet masih mentok smooth high 30 fps aja.

Kalau dipake buat main Genshin, setting lowest, kita bisa dapetin rata rata frame rate di 31 fps setelah 30 menit dimainin. Buat suhunya sendiri, titik paling panasnya ada di bagian belakang, deket kamera, dengan suhu 38-39 derajat. Kalau area lain adem-adem aja, 31-35 derajat. Kalau ngomongin daya tahan baterai, Galaxy A33 pake kapasitas 5000 mAh.

Yang awetnya sama kayak baterai 5000 mAh di HP lain, dan artinya itu bagus.

Buat main MLBB setengah jam, dia 7%, PUBGM setengah jam, 6%, Genshin setengah jam, 12%. Dan TikTok sejam dia 6%. Jadi main lama-lama, bisa 6-7 jam kali ya? Kalau dihidupin terus gitu. Buat speed ngecasnya, nih HP udah support 25 Watt fast charging sebenarnya, jadi saya tes pakai charger 30 Watt dari third party, dan dalam setengah jam dia keisi 32%, kalau mau penuh dia 1 jam 45 menit.

Nggak terlalu cepat sih, cuma nggak terlalu lambat juga. Nah, sementara buat kameranya! Ini juga selalu jadi andalan Samsung seri A ya, dan kali ini di Galaxy A33 5G juga sama, kameranya cakep. Di HP ini dia pake sistem 4 kamera, ada kamera utama 48MP dengan OIS, fitur yang masih jarang sih di HP midrange, dan ini bagus banget, selalu dikasih Samsung, terus lensa ultrawide 8MP, kamera makro 5MP, dan kamera depth 2MP, buat kamera depannya dia 13MP. Buat hasil fotonya, cakep.

Kalau kita motret di outdoor, warnanya cerah, tajem juga detailnya, dynamic range luas, processing juga nggak lebay.

Berasa enak aja di mata. Indoor juga sama bagusnya. Walaupun jumlah cahaya yang masuk, udah nggak sebanyak outdoor ya, di sini OIS-nya lumayan main lah. warna, detil, masih bisa dijaga dengan baik.

Kalau buat low light, disini baru teknologi OISnya main banget. Walaupun detilnya jelas nurun dibanding motret pas siang siang, ya flagship juga kayak gini, tapi gambarnya lebih jarang goyang, dan warnanya pun masih enak diliat. Sama satu lagi, dari tadi anda udah liat hasil kamera ultrawidenya kan? Yang hasilnya nggak terlalu jomplang ternyata dibanding kamera utama? Ini juga jadi nilai plus.

Cek Juga :  Xiaomi 12T Indonesia Rp 6.599 JUTA

Soalnya agak jarang sih ada HP yang kamera ultrawide sama yang utamanya itu nggak jomplang banget. Buat kamera depannya, Samsung Galaxy A33 5G dia udah bisa rekam di resolusi 4K ya? 30 fps, dan yang lebih penting, ini dia suaranya buat ngevlog, buat apa, tangkapan suaranya lebih bagus, dari pada kebanyakan HP sekelas, ya ini, memang jadi perhatian Samsung sih.

Kalau soal suara, kamera depan buat vlogging gitu-gitu. Dan jarang diperhatiin brand lain.

Oh iya, masih soal kamera. Di Samsung Galaxy A33 5G ini, kita juga bisa nemuin fitur fitur yang kemarin sempat saya tunjukin pas bahas kamera S22 Ultra ya. Misalnya, di HP ini, ada object eraser, ini bisa ngapus objek yang ngeganggu di foto kita. Ini salah satu fitur ajaib sih. Sampe sekarang masih keren aja rasanya.

Kesimpulan saya buat Samsung Galaxy A33 5G! Walaupun HP ini jelas ada kurangnya, kayak hilangnya headphone jack sama kepala charger, tapi untungnya Samsung bisa ngakalin minusnya itu dengan ngasih plus yang lebih banyak lagi. Fitur fitur kunci yang disenengin user di generasi kemarin, kayak desain yang beda dari brand yang lain, kesannya fun, fitur IP67 yang sampai sekarang masih fitur mewah, stereo speaker yang belum umum di midrange, layar cakep, baterai awet, kamera andalan dengan OIS, tetap dijaga. Ditambah lagi bisa mereka kasih nilai plus lagi, yang lebih lagi, lewat jaminan update software sampai 4 tahun ke depan, dan ada security patch sampai 5 tahun ke depan juga. Dan yang paling penting, tanpa harus nambah biaya lagi, ini.

Tanpa harus nambah biaya itu penting sih. Soalnya biasanya HP 5G itu selisihnya lumayan lah. Tapi, di A33 ini kita bisa dapetin HP yang bisa nangkep jaringan 5G.

dan nggak nambah duit. Saya sih dengan senang hati sih ambil deal kayak gitu, plusnya lebih banyak. Galaxy A33 5G, HP seri A yang paling mantab di generasi kali ini. Demikian review GadgetIn buat Samsung Galaxy A33 5G. Like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya.

Yo! Closed Caption by @subbox.id Ya kalau harganya sama.

Susah sih protesnya, hitungnya gampang.