iPhone 14 Pro vs Android terkencang 2022

Halo men, Zeromedia disini Dan selamat datang di acara drag race tahunan. Dimana kita bakal mengadu HP paling kenceng dari iphone, iPhone 14 Pro dan HP paling kenceng dari Android. Asus ROG 6 Pro. Disini kita bakal coba tes seberapa kenceng kedua HP buat ngebuka aplikasi enteng, aplikasi berat, filling video game, seberapa cepet dia ngerender foto, terus seberapa gesit ngerender video sama convert-convert ya pokoknya punya chip-chip kenceng gitu lah. Ya sebelum kita mulai, kita sedikit perkenalan dulu sama masing-masing perwakilan. Di sisi kanan ada iPhone 14 Pro dengan chipset A16 Bionic RAM 6G dan tentu aja memori inner, terserah sih ini berapa, ini 1T. Ya ini pake NVME dan itu mungkin jadi pembeda yang gede buat drag race edisi kali ini, edisi tahun lalu, dan dua tahun selanjutnya sebelumnya. Harganya kalau ngeliat site iBox yang resmi Indonesia paling murahnya 128GB itu 19.999.000 saudara-saudara atau 20 juta. Sementara disisi kiri ada Asus ROG Phone 6 dengan chipset Snapdragon 8+ Gen 1, RAMnya 18GB LPDDR 5, laptop computer anda menangis mendengar itu. Terus memori internalnya 512GB USF 3.1. Dan harganya ternyata lebih murah dari iPone 14 Pro. Sejuta lebih murah ya, 18.
999. Kalau dilihat dari speknya sih kayaknya Asus beast banget, RAM 3 kali lipat lebih gede kan, tapi apple iphone bisa sikat balik lewat memori NVME atau seperti biasa aplikasi yang lebih efisien. Waktu itu aja tahun lalu kalau nggak salah iPhone 14 13 Pro yang lebih kenceng gitu. Ya yang pasti siapapun yang menang, keduanya sama-sama idaman ya. Dikasih yang manapun juga bahagia. Apalagi iPhone, wehh siapapun suka ini. Kemarin aja pas HPnya baru mulai dijual di Indonesia katanya ngantrinya panjang. Kalau saran saya sih kalau beli item Apple carinya di Tokopedia aja. Dijamin ori dan sinyal pasti aktif. Ada cashback up to 1 juta lagi dan di bulan November ini ada flash sale apple iphone 14 harga 14 rupiah doang, Nggak ada juta nggak ada ribu.

14 rupiah doang. Penasaran nggak tuh? Langsung klik link di deskripsi aja, kapan lagi kan. Sekarang kita langsung mulai, ini saya pakein covering nggak ada pengaruhnya harusnya karena kita bukan buat main game lama-lama, bukan soal suhu. Kalau buat main game lama-lama, keduanya panas udah kita review keduanya, sama-sama kenceng pas primary video game, ini cuma drag race buat make dan lain-lain. Kita mulai dari aplikasi-aplikasi enteng dulu, ini ada IG ada YouTube, Spotify, TikTok, kita langsung satu IG, teng teng. Hmm, sama sih loadingnya, mungkin ROG sedikit lebih cepet ya ngeload reloadnya. Ini Samsungnya tadi muncul duluan tapi nggak sampe sedetik mungkin bedanya 0, berapa detik. Kalau penggunaan sehari- hari aplikasi enteng mah nggak bakal berasa bedanya ya. Kita lanjut yang kedua, YouTube. Hmm, sama aja, tapi ini iPhone sedikit lebih kenceng. Lanjut ke Spotify, wah gila apple iphone, iPhone kenceng banget. Tapi ini ROG yang lambat sebenarnya, bukan apple iphone yang kenceng tapi ROG yang lambat, sep. Terus TikTok. Loh kalau gini ROG, apple iphone masih ngeloading. Ini wifinya sama tentu aja ya. Sama-sama udah Wi-Fi yang kenceng, Wi-Fi 6. Keduanya bisa nangkep kecepatan maksimal, jadi ya ini mungkin 2 2 lah, kalau mau dihitung skornya. Netflix lagi-lagi si ROG. Lanjut ke ecommerce ijo, Tokopedia. Oh ini si apple iphone duluan, si ROGnya ngeloadingnya lumayan lama ya. Terus kamera, sama aja sih. Kalau kita, coba ya kita coba kayak 5 detik gitu kita coba tap-tap in shutter yang banyak-banyak. Lu bantu gua, lu faucet sekenceng mungkin ya, nanti dibilang jari kirinya lebih lambat bang, nggak bisa bang. Pokoknya kita secepet mungkin aja kayak lagi kayak lagi main video game apa gitu, oke. Kevin nanti kasih itu ya, stop gitu. Oke, 1 2 3. [Kevin]: Quit [David]: Ini kok ROG, ohh iya iya * tertawa * matiin-matiin, pantesan. Oke, evening modenya matiin. [Kevin]: 1 2 3 [Kevin]: Stop [David]: ROG dapet 4, Apple iphone dapet banyak, dapet 8 sambil buat motret yang gelap- gelap buset jauh banget. Ini shutter iPhone mantep sih. ROG memang lemah soal kamera dan itu yang nggak kita bahas di video drag race ya kalau kualitas kamera iPhone manang jauh, itu udah nggak usah ditanya lagi. Terus Microsoft Word, iPhone cepet sih tapi ini agak beda interfacenya. Apple iphone sedikit lebih cepet, kalau Excel juga harusnya apple iphone sedikit lebih cepet, oh ini sama aja sih. Sekarang masuk ke yang agak serius ini loading Mobile Legends, saya sudah visit ke dua account yang sama jadi siapa yang lebih cepet dia yang bakal masuk ke apa ke halaman homenya gitu, ke lobbynya gitu. Kalau yang agak lambat dia bakal ketolak karena udah ada yang masuk duluan.

Cek Juga :  iPhone 14 Pro Indonesia TERLALU BAGUSSS

Kita langsung, 1 2 3, Mobile Legend bang bang. Harusnya sih ROG duluan ya, karena HP pc gaming ya, tapi kok iPhone kayak lebih meyakinkan jauh gitu. Wohh! Buset. Siapa duluan, siapa? Heyy, iPhone duluan. Ini ROG bakal ketolak. Berarti dia cuma kenceng di animasi awal buat gaya-gayaan doang tapi sebenarnya prosesnya masih lama. Tuh dia bingung karena di dalem sini udah masuk. Okee, sep, lama ya. Oh nyangkut, nyangkut ya, kayak waktu itu nyangkut. Nihh, sekali lagi ya kalau apple iphone itu the real HP video gaming. Coba kita buka lagi, ada yang bilang ya Mobile Tale atau aplikasi lain, iPhone lebih efisien karena apple iphone gitu. Ekosistemnya close jadi lebih enak bikinnya. Itu juga jadi salah satu keunggulan, bukan berarti nggak boleh dibandingin kan. Tuhh, apple iphone lagi-lagi buset! Konsisten, jadi Wow!

ROG mungkin kedepannya bukan ganti apa bukan ganti chipset atau ganti apa tapi ganti memori atau biar kerjasama biar lebih efisien. PUBG Mobile, ini ROG ada animasi-animasinya ya. Mungkin ada yang komen “itu bikin lambat bang” Cuma saya ini udah pakein X-mode, lama banget, iya. Saya udah pakein mode yang paling kenceng buat ROG jadi nggak ada alesan kayak ada halangan lagi sih, X setting loh setting yang paling panas yang paling kenceng, tapi apple iphone masih duluan soal loading-loading. Terus yang lebih berat Genshin Influence. Ya Hoyoverse, ini ya lagi- lagi semua dimatiin dulu. Entah itu ngaruh nggak ya? Cuma ya itu udah sistemnya ROG kalau si iPhone sudah punya sistem sendiri dan itu bisa dibandingin. Agak lambat sih. Jadi soal loading-loadingan, apple iphone lebih unggul mungkin itu lebih ngaruh ke jenis storage yang dipake ya. iPhone pake NVME kalau si Asus pake USF 3.1, atau soal aplikasi yang lebih efisien juga di sistem IOS. Itu ya harus masuk hitungan lah. Sekarang kita ke bagian yang ngandelin chipset banget. Ada Bionic A16 sama Snapdragon 8+ Gen 1. Ini ada CapCut, jadi kita import siapa yang lebih duluan, apakah ada sama aja sih sama kencengnya sih kalau soal import. Ini video-video 4K yang direkam di Swiss kemarin ada 1080p 1080p, harusnya tinggal langsung ya. Sebagai editor Iqbal lebih tau ini, terus kita export di 4K terus 60fps. Berat-beratin aja, terus clever HDR disini nggak ada jadi nggak usah. Tapi approximated filenya 600. Disini ukuran filenya beda ya, Asus dia setengah doang 300:600 yang ada di apple iphone. Ini kasus yang lumayan umum di tahun lalu juga sama. Tapi kita coba lihat speednya, teorinya sih beban Asus lebih rendah. Tapi kita coba langsung export aja, 1 2 3. Ahh, beda sedetik lahya nanti coba masukin itungan kesana. Kecil, Wuhh Asus. Ayo lah Asus sekali-sekali kan. Nah iya lumayan loh dua kali loh, jangan-jangan ukuran filenya ngaruh. Ya ini jauh banget sih bedanya bisa dibilang 2 kali. Sesuai proporsi ukuran filenya. Sekarang kita coba 1080p biar Iqbal puas. Tapi bener ini ada kemungkinan benernya loh, soalnya ini kan 2K atau 4K terus tadi ini 300 ini 600, jadi kemungkinan apple iphone ngerender 4K, Asus ngerender 2K. Bisa jadi. Kita coba 1080p, ini sama. Coba ya, 1 2 3. Ehh, sama aja.

Cek Juga :  Xiaomi 12T Indonesia Rp 6.599 JUTA

Nah kalau ini sama cepetnya. Berarti 2K 4K, iya ya. Iya, oh tapi Asus ngejer loh, tuh tuh tuh tuh tuh. Oh liat tuh, drag race banget ini bedanya tipis. Ya Asus oke lah. Snapdragon 8+ Gen 1 disuruh ngerender kira-kira sama lah kayak 16, beda sedetik dua detik. Asus menang, berarti Asus lebih kenceng dikit ya kalau soal tenaga handling provide di CapCut. Anak-anak TikTok ada apa layout yang lagi apa itu saya lihat template populer coba aja. Kalau pakai Asus lebih cepet upload ke TikTok. Ini file raw ini udah saya kasih preset-preset yang lumayan berat, terus kita coba export aja. Bid Depthnya 16 little bits ini very berlebihan banget sih. Oke, kita coba biggest all dimensionnya belum, largest offered. Coba 1 2 3. Kok downloading initial ya. Oh nanti aja. Eh sudah, Wuhh iPhone sedikit lebih cepat. Oh sekali lagi ya coba ya, tadi kan downloading dulu. Oke 1 2 3, provide satu foto doang, Woah! Beda setengah detik lah, iPhone lebih unggul. Tapi setengah detik kalau misalnya edit 100 foto, bedanya bisa 50 detik ya, tapi lu kalau make di HP 100 foto agak berat juga sih. Tuh udah degree tablet atau __, sekidit ngebela Asus * tertawa * tapi apple iphone lebih cepet. Ini saya udah masukin video 2.6 GB settingannya sama semua, kita langsung convert aja. Ya disini saya udah kasih satu efek filter, terus settingan-settingannya 720p, 25fps terus yang ini normal export setting. Kalau di apple iphone entah kenapa nggak ada tapi kira-kira sama lah. Kita langsung export aja, oke. Continue exporting. iPhone ada telat 5 detikan lahya. Tapi iPhone tetep lebih kencang, cuma ya ini 2 kali lipat sih. Kacau sih ini, Wuh! Tadi apa, ROG menang kayak 2% 3% buat CapCut tapi buat Filmora kok jauh banget bisa 2 kali lipat.

2% dan 50% bedanya. Filmora ini aplikasi bener kan bal? Bener ya, sama CapCut juga nggak usah diragukan lagi. Cuma yang tadi memang yang press, saya cari yang sama aja sih, nggak ada compress yang bener-bener oke buat kedua HP, taunya abal-abal. Wahh, ya ini dua kali lebih ini apple iphone tadi udah kasi voor tapi Asus masih 40% dibanding apple iphone. Coba kita habis ini pakai setting yang secure tadi ya, harusnya malah lebih lambat. Wahh jauh banget bedanya mungkin bisa 2 menit 3 menit buat video clip 2GB-an. Coba kita pakai setting yang satu lagi, entah ada bedanya atau nggak. Ini kita aktifin stable export setting. Wuh dari namanya serem. Terus ini nggak ada watermark, nggak ada watermark langsung proceed export saja. Eh ya sih, tetep sih, apple iphone tetep ngebut banget. Padahal apple iphone kayak nggak pernah pamerin dia itu HP yang performanya paling unggul gitu ya, ada sih ada sih, tapi kayak skali lewat aja Apple bilang lebih cepet dari ini, udah gitu aja kayak nggak penting gitu. Kayak mereka udah pasti solid, jadi nggak usah pamer “kami yang paling kenceng”. Ya 40%, 17% sama sih selisihnya sekitar hampir 2 kali lipat lebih. Benchmarknya yang fading tinggi buat yang ROG ini, 1.1 juta loh. Iya, Android existed nggak ada yang 1.1 juta, atau ada dikit tapi, 1.1 juta di AnTuTu bisa, udah prestasi banget. Ya, itu bukti kalau software program juga penting ya, penting banget software program. Ini lama, lama banget. Sekarang kita coba buka ulang aplikasinya buat ngeliat apakah aplikasinya tetep kebuka karena itu RAM banget kan, 18G lawan 6G, dari IG dulu, yap masih kebuka, hello malah ke … Youtube, sama, loadingnya sama sih jadi imbang. Terus Spotify, ya sama sih bukan loading ulang tadi dia cuma ngeload information baru aja, ya TikTok masih, Netflix masih, Tokped masih, terus langsung ML aja kali ya, ML
. ya sama sih iPhone masih kebuka ini masih ngeloading * tertawa * iya sih berusaha dari tadi, sama, terus PUBG, PUBG hah, Asus nutup. 18G loh, terus Genshin, ohiya ini, oh ini apple iphone, berarti mungkin apple iphone ngeliat Genshin itu beraat banget, jadi Genshin ditutup tapi PUBG masih buka. Sementara Asus dia masih kebuka, jadi RAM gedenya berasa sih. Asus lebih bagus kalau RAM berarti. Terus CapCut, sama iya sama-sama keluar make. Lightroom, Asus ketutup, arbitrary ya. Jadi bisa dibilang sama sih 18G lawan 8 6G nggak nggak ada bedanya, nggak nggak ada yang jelas, ini video clip converter tadi kita miss aja karena nggak jelas. Filmora yang barusan, sama. Jadi kesimpulannya kalau levelnya udah incredibly mahal, belasan juta, buang jauh-jauh hardwarenya pake apa ya kalau udah sama-sama tinggi, nggak perlu diadu nggak perlu debatin ini benchmarknya berapa, RAMnya berapa itu udah nggak penting semua kalau levelnya udah tinggi gitu udah mainan software program, kayak apple iphone ya memang softwarenya luar biasa sih, ini efisiensinya, optimalisasinya luar biasa, sampe Asus yang incredibly beast word play here dia masih bisa diasepin oleh apple iphone. Ini bukti kalau software application itu bener-bener penting kalau levelnya udah tinggi, kalau HP 2 juta 3 juta 4 juta, ya itu equipment masih penting banget, yang dilihat itu equipment 80% software application ya dikit-dikit lah. Tapi kalau udah HPnya mahal, hardware sama itu bakal dibedain oleh apa, gua ngomong apa tadi. Pokoknya software, software application itu penting lah gitu aja. Jadi pemenangnya jelas ya ini ya, iPhone ya, kayak saya sama sekali nggak ada bela siapa-siapa disini nggak tau siapa yang menang, apple iphone mau menang bodo amat, Asus mau menang bodo amat, cuma sini apple iphone yang menang. Tahun depan sama nggak ya?
* tertawa * Ya udahlah tahun depan mungkin beritanya lebih ke apple iphone mau USB C atau 2 tahun lagi, oke. Dan kita ketemu lagi di video selanjutnya. Kalau baterai Asus 80%, apple iphone 85% padahal mulainya sama-sama 100.

Cek Juga :  Samsung Galaxy A04e Indonesia

Ya yang pasti siapapun yang menang, keduanya sama-sama idaman ya. Terus Spotify, ya sama sih bukan packing ulang tadi dia cuma ngeload details baru aja, ya TikTok masih, Netflix masih, Tokped masih, terus langsung ML aja kali ya, ML
. Jadi kesimpulannya kalau levelnya udah extremely mahal, belasan juta, buang jauh-jauh hardwarenya pake apa ya kalau udah sama-sama tinggi, nggak perlu diadu nggak perlu debatin ini benchmarknya berapa, RAMnya berapa itu udah nggak penting semua kalau levelnya udah tinggi gitu udah mainan software program, kayak apple iphone ya memang softwarenya luar biasa sih, ini efisiensinya, optimalisasinya luar biasa, sampe Asus yang incredibly beast pun dia masih bisa diasepin oleh iPhone. Ini bukti kalau software program itu bener-bener penting kalau levelnya udah tinggi, kalau HP 2 juta 3 juta 4 juta, ya itu equipment masih penting banget, yang dilihat itu hardware 80% software ya dikit-dikit lah. Jadi pemenangnya jelas ya ini ya, apple iphone ya, kayak saya sama sekali nggak ada bela siapa-siapa disini nggak tau siapa yang menang, apple iphone mau menang bodo amat, Asus mau menang bodo amat, cuma sini iPhone yang menang.